UAS Kelas Sembilan 2014

Posted by Radja Paguntaka Senin, 01 Desember 2014 1 komentar
Tulislah lafadz BISMILLAH dikertas jawaban kalian!
1.    Sebagai seorang pelajar Muhammadiyah, kita sering mendengar slogan “Islam agamaku Muhammadiyah gerakanku”. Hikmah apa yang dapat kamu ambil dari slogan tersebut. Jelsakan dan terangkan dengan benar!
2.    Dalam pedoman hidup islami warga Muhammadiyah kita wajib menjauhkan diri dari taqlid,syirik,bid’ah,takhayul dan khurafat. Contohkan tiga perilaku TBC yang menjadi penyakit masyarakat selama ini!
3.    Masail Khomsah adalah masalah lima yang sangat penting dalam Muhammadiyah. Salah satu dari lima masalah tersebut adalah Qiyas. Apa yang dimaksud dengan Qiyas? Dan apa dasar untuk melakukan qiyas?
4.    Jelaskan secara singkat berdirinya Muhammadiyah di Indonesia!
5.    Ideologi Muhammadiyah yang dirumuskan pada masa KH. Khaedar Nasir memiliki peranan besar bagi kemajuan Muhammadiyah. Sebutkan enam fungsi dari ideologi Muhammadiyah tersebut!
6.    MKCH terbagi menjadi 3 kelompok atau kategori. Sebutkan!
7.    Dengan adanya pedoman hidup islami warga Muhammadiyah, kita mampu mengerti tentang sifat-sifat yang dimiliki oleh Muhammadiyah. Apa yang kalian ketahui tentang hal tersebut?
8.    Salah satu cita-cita dari gerakan Muhammadiyah adalah terciptanya “Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafuur”. Apa artinya?
9.    Apakah yang dimaksud dengan MKCH? Ceritakan secara singkat sejarah perumusan MKCH!
10.  Sebutkan dan jelaskan tiga macam gerakan yang ada di Muhammadiyah!
11. Makna dari tajdid dari segi bahasa berarti Pembaharuan . tajdid juga bisa diartikan sebagai pemurnian kembali ajaran agama yang masuk pada 3 sasaran, yaitu :I’adah, Iba’nah, dan Ihya’. Apa arti dari ketiganya?
12.  Khittah yang disusun oleh KH. Mas Mansyurpadamasakepemimpinannyatahun 1936-1942 disebut juga 12 langkah Muhammadiyah. Sebutkan!
13.  Muhammadiyah bekerja untuk terlaksanaya ajaran Islam yang meliputi empat bidang. Sebutkan dan contohkan!
14. Landasan normatif bagi ideologi Muhammadiyah adalah berlandaskan pada Al Qur’an Surat Al Imron: 104. Apa inti dari surat tersebut?
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: UAS Kelas Sembilan 2014
Ditulis oleh Radja Paguntaka
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://radjapaguntaka.blogspot.com/2014/12/uas-kelas-sembilan-2014.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

Paisal isal mengatakan...

Pk yg 6 fungsi idieologi muhammadiyah bukan 6 dimensi ini kh pk
Jumat, 08 Juni 2012

Fungsi Ideologi Muhammadiyah dan Enam Dimensi Ideologi Gerakan Muhammadiyah

Fungsi Ideologi Muhammadiyah
Adapun fungsi Ideologi Muhammadiyah adalah sebagai berikut:
1.      Menjelaskan dan menanamkan “Islam agamaku, Muhammadiyah Gerakanku”
2.      Membangun komitmen idealisme untuk menjalankan misi dan cita-cita gerakan
3.      Mengikat solidaritas kolektif yang kokoh
4.      Membela/ menjaga/ mempertahankan keutuhan organisasi sesuai prinsip gerakan

(Enam Dimensi Ideologi Gerakan Muhammadiyah
Adapun dimensi Ideologi gerakan Muhammadiyah telah dirumuskan oleh Bpk. Haedar Nashir,  sebagai berikut:
1.      Ideologi gerakan Muhammadiyah merupakan sistem paham dan teori perjuangan yang dilandasi, dijiwai, dan dibingkai serta dimaksudkan untuk mengamalkan Islam dalam seluruh kehidupan umat manusia.
2.      Ideologi gerakan Muhammadiyah ialah manhaj (sistem, metode) dakwah Islam untuk mengajak manusia beriman kepada Allah (tu’minuna billah) serta amar ma`ruf nahi munkar.
3.      Ideologi gerakan Muhammadiyah ialah sistem dan teori perjuangan Islam untuk tajdid (pembaruan) sehingga selalu terbuka pada kritik dan memiliki agenda perubahan ke arah kemajuan (ishlah).
4.      Ideologi gerakan Muhammadiyah memiliki kerangka pemikiran dalam Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah, Kepribadian Muhammadiyah, Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah, Khittah Muhammadiyah, Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah, dan pemikiran-pemikiran formal lainnya dalam Sistem Keyakinan dan Hidup Islami dalam Muhammadiyah.
5.      Ideologi gerakan Muhammadiyah merupakan teori dan strategi perjuangan Islam yang menyeluruh dan mencakup seluruh aspek kehidupan untuk mewujudkan Masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.
6.      Ideologi gerakan Muhammadiyah merupakan tali pengikat gerakan yang diwujudkan dalam sistem organisasi, jama`ah, kepemimpinan, dan gerakan amal usaha untuk menjadikan Islam sebagai rahmatan lil`alamin di muka bumi ini.)

Yg btl yg mna pk yg fungsi atau di mensi

Posting Komentar

Cara Buat Email Di Google | Copyright of Radja Paguntaka.