Rancangan Diklat

Posted by Radja Paguntaka Sabtu, 18 Desember 2010 0 komentar

Dalam merancang suatu program diklat harus mengunakan cara dan strategi yang tepat agar tujuan dari diklat itu bisa maksimal dan berhasil. Tanpa mengenyampingkan sisi psikomotor, afektif, dan kognitif yang ada dalam ranah pendidikan itu sendiri. Adapun Diklat itu sendiri adalah program yang bertujuan membentuk suatu keahlian atauprofesionalisme dalam bidang garapan tertentu. Mempunyai sebuah goal yang diharapkan bisa diterapkan dan dijalankan setelah diklat selesai. Dan bagaimanapun model dan rancangan diklat itu   harus mengena dengan ketiga komponen tadi yang telah dijabarkan dalam makalah dan presentasi yang lalu. Mengenai pengembangan diri baik dari segi afektif, kognitif, dan psikomotorik, sehingga kita dapat mengkonsep pelaksanaanya sesuai dengan prinsip dan prosedur yang ada dengan mudah.
Dalam Pengembangan diklat tersebut harus dipahami ruang lingkup dari perbedaan keduanya. Karena itu kombinasi dari Pendidikan dan Pelatihan haruslah mampu menjadi kesatuan yang utuh. Dalam merancang suatu program diklat, terlebih dahulu kita mengetahui tentang apa yang menjadi tujuan dari suatu diklat tersebut. Sebelum kita merancang dan menindaklanjuti lebih lanjut. Dari awal saya berpendapat bahwa inti dari diklat ada pada tujuannya. Dan dari tujuan itu ada evaluasi yang telah diracang dalam jangka panjang maupun pendek sebagai lanjutan dari program itu sendiri. 
Perlu dipaparkan bahwa saya berpendapat, diklat itu hanya berhasil apabila para persertanya bisa memahami apa yang disampaikan dalam program tersebut. Maka dari itu ada hal-hal yang harus dilakukan jauh sebelum kita merancang program diklat. Yaitu Tingkat Ketertarikan peserta, Dasar Kebutuhan, Ekonomi setempat, dan Jenjang Pendidikan. Agar tidak salah dalam penerapan dilapangan, juga dalam mengolah materi yang disampaikan, dan dalam penjaringan peserta.
Apapun rancangannya, perlu diingat bahwa peserta dapat mengingat dan menerapkan materi yang ada, maka prosedur dan prinsip haruslah sesuai dengan fakta yang ada. Dan juga perlu untuk selalu di evaluasi sebagai penilaian bagi kita. Agar diklat tersebut bisa semakin menarik.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Rancangan Diklat
Ditulis oleh Radja Paguntaka
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://radjapaguntaka.blogspot.com/2010/12/rancangan-diklat.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Cara Buat Email Di Google | Copyright of Radja Paguntaka.